Karburator adalah merupakan bagian dari mesin yang bertugas dalm sistem pengabutan "pemasukan bahan bakar (bensin) ke dalam silinder". Fungsi dari karburator antara lain:
1. Mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
2. Mengatur perbandingan bahan bakar udara pada berbagai beban kecepatan kenaraan.
3. Untuk mengatur dan mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
Karburator bagian terpenting dalam sebuat kendaraan bermotor namun jika pembakaran tidak semprna mesin kendaraan tersebut tidak bekerja dengan baik atau tdak normal ini dapat menyebabkan kendaraan kurang tenaga, boros bahan bakar, bahkan mesin kendraanpun tdak dapat menyala.
Karburator akan bekerja ketika mesin kendaraan di nyalakan atau hidup. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karburator namun kecepatan udara yangmasuk spuyer kecil, maka tekanan udara di perlukan saluran masuk rendah sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil. Ketika karburator berfungsi campuran bahan bakar dan udara menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar di dalam silinder kendaraan.
Bagian Dan Fungsi Mesin Krburator.
1. Ruang Pelampung Karburator ( float chamber )
Menampung sementara bahanbakar dari tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang pembakaran)
2. Pelampung ( floater )
Mengatur bahan bakar dalam ruang pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran.
3. Jarum katup pelampung ( needle valve/floater valve )
Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh.
4. Katup gas/skep ( throttle valve )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ).
5. Jarum gas / jarum skep ( Jet needle )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾.
6. Pegas/ per skep ( throttle valve spring )
Mengembalikan posisi skep pada posisi terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas).
7. Pemancar jarum ( main nozzle / needle jet )
Memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
8. Pemancar utama ( main jet / spooyer )
Memancarkan bahan bakar pada waktu putaran tinggi (Kabel gas ditarik penuh)
9. Pemancar kecil / stationer ( slow jet/pilot jet )
Memancarkan bahan bakar ketika motor dalam keadaan langsam / stationer /idle.
10. Sekerup / baut udara ( air screw )
Mengatur jumlah udara yang bercampur dengan bahan bakar.
11. Sekerup / baut gas ( throttle screw )
Mengatur posisi pembukaan katup/skep untuk posisi langsam ( stationer )
12. Katup cuk ( choke valve )
Menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi percampuran kaya untuk sementara.
Digunakan apabila menghidupkan mesin dalam keadaan dingin.
1. Mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
2. Mengatur perbandingan bahan bakar udara pada berbagai beban kecepatan kenaraan.
3. Untuk mengatur dan mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
Karburator bagian terpenting dalam sebuat kendaraan bermotor namun jika pembakaran tidak semprna mesin kendaraan tersebut tidak bekerja dengan baik atau tdak normal ini dapat menyebabkan kendaraan kurang tenaga, boros bahan bakar, bahkan mesin kendraanpun tdak dapat menyala.
Karburator akan bekerja ketika mesin kendaraan di nyalakan atau hidup. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karburator namun kecepatan udara yangmasuk spuyer kecil, maka tekanan udara di perlukan saluran masuk rendah sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil. Ketika karburator berfungsi campuran bahan bakar dan udara menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar di dalam silinder kendaraan.
karburator |
Bagian Dan Fungsi Mesin Krburator.
1. Ruang Pelampung Karburator ( float chamber )
Menampung sementara bahanbakar dari tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang pembakaran)
2. Pelampung ( floater )
Mengatur bahan bakar dalam ruang pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran.
3. Jarum katup pelampung ( needle valve/floater valve )
Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh.
4. Katup gas/skep ( throttle valve )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ).
5. Jarum gas / jarum skep ( Jet needle )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾.
6. Pegas/ per skep ( throttle valve spring )
Mengembalikan posisi skep pada posisi terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas).
7. Pemancar jarum ( main nozzle / needle jet )
Memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
8. Pemancar utama ( main jet / spooyer )
Memancarkan bahan bakar pada waktu putaran tinggi (Kabel gas ditarik penuh)
9. Pemancar kecil / stationer ( slow jet/pilot jet )
Memancarkan bahan bakar ketika motor dalam keadaan langsam / stationer /idle.
10. Sekerup / baut udara ( air screw )
Mengatur jumlah udara yang bercampur dengan bahan bakar.
11. Sekerup / baut gas ( throttle screw )
Mengatur posisi pembukaan katup/skep untuk posisi langsam ( stationer )
12. Katup cuk ( choke valve )
Menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi percampuran kaya untuk sementara.
Digunakan apabila menghidupkan mesin dalam keadaan dingin.